Konservasi Alam Gunung Merbabu

Komitmen untuk melestarikan lingkungan hidup adalah komitmen yang harus dipunyai oleh manusia demi kelangsungan hidup manusia itu sendiri. Petani Merbabu menyadari hal ini karena pada saat berdirinya PPM, petani telah merasakan dampak merugikan dari kerusakan alam gunung Merbabu. Kekeringan berkepanjangan telah menjadikan ancaman bagi aktivitas pertanian dan aktivitas sehari-hari masyarakat Merbabu. Gundulnya hutan telah mengakibatkan sulitnya mencari kayu bakar dan kayu bangunan.Atas dasar pengalaman pahit itulah, setelah tergabung menjadi PPM, petani merbabu meneguhkan komitmen bersama untuk melakukan konservasi alam gunung Merbabu. Dalam memahami permasalahan lingkungan di Merbabu, PPM dibantu oleh Bp. Frans Taolin dari Elpaf Jakarta sehingga didapatlah rumusan sebagaimana tertulis dalam tulisan beliau. (download)

 Pada April 2002, PPM bersama Paguyuban Petani di Sabuk Gunung Merbabu dan SPPQT didukung oleh Yayasan Sapta Pratita melakukan Pemetaan Gunung Merbabu. Dari pemetaan ini diketahui bahwa kondisi Gunung Merbabu bagian utara (yang merupakan wilayah PPM) mempunyai kondisi alam yang parah ditandai dengan tipisnya lapisan humus, hutan gundul, tingginya tingkat erosi, sedikitnya satwa liar yang ditemui dan kurang bervariasinya vegetasi tanaman keras.

Program Konservasi Gunung Merbabu kini berhadapan dengan Program Taman Nasional Merapi Merbabu yang dicanangkan oleh Presiden Megawati. Hingga saat ini, PPM memilih untuk tetap memegang dan mengembangkan identifikasi permasalahan lingkungan bersama Bp. Frans Taolin diatas. Dalam rangka itu, dibawah ini, mungkin adalah beberapa langkah kecil dalam program rutin Konservasi Gunung Merbabu:

  1. Identifikasi Sejarah Desa berkaitan dengan Perhutani
  2. Mengkampanyekan polikultur tanaman lokal untuk hutan rakyat
  3. Mengkampanyekan pembenahan terasering dan tanaman penguat teras
  4. Mengkampanyekan pengelolaan air
  5. Pendampingan partisipasi desa dalam proses Program Taman Nasional Merapi Merbabu
  6. Mensosialisasikan keberdayaan masyarakat lokal dalam pengelolaan hutan rakyat

Kabar di seputar Konservasi Alam Gunung Merbabu


Kembali ke halaman PROGRAM


1. Kemandirian Organisasi
2. Pertanian Berkelanjutan
3. Ekonomi Kooperatif
4. Konservasi Alam Gunung Merbabu
5. Pendidikan Komunitas